Senin, 08 Oktober 2012

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH UMUM


BAB I
ILMU SOSIAL DASAR
SEBAGAI SALAH SATU
MATA KULIAH UMUM

            Setiap universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainnya, memiliki harapan yang sama dalam hal menghasilkan sarjana-sarjana yang memiliki seperangkat kemampuan yang terdiri atas :
1.      Kemampuan akademik
2.      Kemampuan profesi, dan
3.      Kemampuan pribadi

Mahasiswa diharapkan memiliki seperangkat kemampuan tersebut agar dapat menjadi sarjana yang ahli dan benar-benar menguasai bidang yang ditekuninya, serta mampu memanfaatkan keahliannya untuk kepentingan diri sendiri dan masyarakat indonesia.
Untuk dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan kemampuan profesi, lembaga pendidikan tinggi menyediakan program mata kuliah keahlian (MKK), yaitu mata-mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa sesuai bidang ilmu pengetahuannya. Kedua kemampuan di atas bertujuan agar para sarjana dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan masyarakat.
 Adapun kemampuan pribadi, yang harus dicapai oleh mahasiswa melalui sekelompok mata kuliah yang tergabung dalam MKDU yang terdiri atas :
1.      Pancasila
2.      Agama
3.      Kewiraan
4.      Pendidikan sejarah perjuangan bangsa
5.      Ilmu alamiah dasar (IAD)
6.      Ilmu sosial dasar (ISD)
7.      Ilmu budaya dasar (IBD)
Dari ke 7 mata kuliah diatas, dapat dibagi menjadi 2 bagian/kelompok. Kelompok pertama yaitu mata kuliah pancasila, agama, kewiraan, dan pendidikan sejarah perjuangan bangsa. Keempat mata kuliah tersebut diberikan agar mahasiswa bertindak sebagai warga negara yang baik dan terpelajar. Oleh sebab itu keempat mata kuliah tersebut wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa.
Kelompok kedua meliputi mata kuliah yaitu Ilmu alamiah dasar (IAD), ilmu sosial dasar (ISD), dan ilmu budaya dasar (IBD), yang mana dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan kepekaan terkait dengan lingkungan ilmiah, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya. Para mahasiswa diberikan mata kuliah tersebut dengan ketentuan mahasiswa tersebut berada di salah satu mata kuliah dasar tersebut, dan tidak diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah lain yang bersangkutan.


Secara spesifik, kemampuan pribadi yang hendak dicapai melalui MKDU bertujuan menghasilkan warga negara yang bertakwa pada tuhan dan dapat mentoleransi perbedaan dengan agama lain, memiliki jiwa pancasila dan mendahulukan kepentingan nasional, memiliki wawasan tentang latar belakang sejarah perjuangan bangsa, dan memiliki wawasan budaya yang luas.
Dalam kehidupan ini begitu banyak persoalan yang terjadi, maka dari itu lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan untuk dapat membantu manusia mennyelesaikan berbagai macam persoalan dan menciptakan kepribadian yang baik.
Berdasarkan sumber ilmu filsafat, yang mana adalah ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat di kelompokan menjadi 3 bagian yaitu :
1.      Natural science(ilmu-ilmu Alamiah)    : Fisika, Kimia, Astronomi, Biology, dll.
2.      Sosial science (ilmu-ilmu sosial)                         : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, sejarah, psikologi, dll.
3.      Humanities (ilmu-ilmu budaya)                       :  Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian, dll.
Materi ilmu sosial dasar terdiri dari berbagai macam masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakan. Untuk dapat mengerti tentang masalah-masalah sosial tersebut, maka terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami konsep-konsep tertentu. Sehingga, bahan Ilmu Sosial Dasar dapat digolongkan menjadi 3 golongan yaitu :
1.      Kenyataan-kenyataan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Hal ini sering ditanggapi oleh para ahli ilmu-ilmu sosial dengan cara yang berbeda-beda. Hal itu bisa terjadi dikarnakan adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu dan perbedaan sudut pandang.dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2.      Konsep-konsep sosial atau perngertian-pengertian tentang kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar dan elementer terlementer tertentu saja yang sangat berguna untuk mempelajari masalah sosial yang sering dibahas  dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3.      Masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, yaitu masalah yang kenyataannya benar terjadi dalam kehidupan sosial antara satu dengan yang lain saling berkaitan.
Konsorsium antar bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan ilmu sosial dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari 8 pokok bahasan tersebut mahasiswa dan lingkungan sekitar dapat mempelajari dan memahami dengan adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dengan perkembangan lingkungan.
2. Masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antar warga negara dengan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan intergrasi.
8. Pemanfaatan ilmu dan teknologi demi kemakmuran dan  kesejahteraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar