Senin, 12 November 2012

RANGKUMAN PEMUDA DAN SOSIALISASI


Bab 4      
Pemuda dan sosialisasi    
      Pengertian Pemuda
             Pemuda yang sering kita dengar, memiliki arti yaitu sekumpulan manusia muda yang bersatu untuk mencapai tujuan tertentu.
             Orientasi mendua menurut Dr. Male. Adalah orientasi yang bertumpu padsa harapan orang tua. Masyarakat dan bangsa yang sering bertentangan dengan ketertarikan serta loyalitas terhadap peer (teman sebaya),apakah itu di lingkungan belajar (sekolah) atau di luar sekolah.
             Sementara itu Zulkarimen Nasution mengutip pendapat ahli komunikasi J. Kapper dalam bukunya The Effect of Mass Communication mengatakan kondisi bimbang yang di alami para remaja menyebabkan mereka melahap semua isi informasi tanpa seleksi.
            Dengan demikian, mereka adalah kelompok potensial yang mudah dipengaruhi mediamassa. Apapun bentuknya.  
PERAN MEDIA MASSA
        Menurut Zulkarimen Nasution, dewasa ini tersedia banyak pilihan isi informasi.
Dengan demikian
            Dengan demikian , kesan semakin permisifnya masyarakat pada isi media yang beredar. Sementara masa remaja yang merupakan periode peralihan masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Di tandai berapa ciri. Pertama, keinginan memenuhi dan menyatakan identitas diri. Kedua. Kemampuan diri melepaskan diri dari ketergantungan dari orang tua. Ketiga, kebutuhan memperoleh akseptabilitas di tengah sesama remaja.
Sosialisasi Pemuda
           Diawali di dalam keluarga. Para pemuda memulai sosialisasi terkecil. Dari sinilah para pemuda belajar dari 0 sampai pada akhirnya dapat memasuki dunia luar yang luas, memulai sosialisasi dengan lingkungan sekitar yang memilik instrument yang jauh lebih rumit, karena setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Dari sinilah dibutuhkan kecakapan dalam bersosialisasi yang baik. Semua dimulai dari keluarga.
Internalisasi, Belajar & Spesialisasi
           Ketiga kata atau istilah tersebut pada dasarnya memiliki pengertian yang hampir sama. Proses berlangsungnya sama yaitu melalui interaksi sosial. istilah internasilasasi lebih ditekankan pada norma-norma individu yang menginternasilasikan norma-norma tersebut. Istilah belajar ditekankan pada perubahan tingkah laku, yang semula tidak dimiliki sekarang telah dimiliki oleh seorang individu. istilah spesialisasi ditekankan pada kekhususan yagn telah dimiliki oleh seorang individu, kekhususan timbul melalui proses yang agak panjang dan lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar